Forum Birokrat Muda Palu Segera Dideklarasi

Forum birokrat muda Kota Palu, dalam waktu dekat akan dilaunching. Organisasi para birokrat ini, merupakan jembatan bagi para birokrat, untuk dapat merefleksikan gagasan serta ide dalam menerjemahkan beragam perubahan. Perubahan dimaksud adalah perubahan paradigma birokrasi dari birokrat sebagai pelaksana menjadi birokrat, sebagai pengarah dalam menciptakan layanan prima. Wujudnya, bahwa organisasi ini bersifat a-politis [...]


Salah satu tujuan dari pendirian lembaga ini, sebagai forum silaturahim para birokrat muda, juga mengintensifkan peran birokrat dalam lini birokrasi. Memberikan masukan-masukan kepada pimpinan - kepala daerah - sebagai refleksi yang akan dijustifikasi dalam kerangka kebijakan formal.

Dalam kebanyakan situasi, birokrat muda selamanya diasumsikan pada konotasi miskin pengalaman, pangkatnya masih rendah, belum stabil dalam situasi emosionalnya dan masih banyak lagi stigma lainnya. Tanpa mereduksi peran para birokrat tua yang sudah punya pengalaman. Namun, dalam kondisi sebenarnya, birokrat muda secara fisik sudah pasti sangat energik.

Ide terbentuknya Forum Birokrat Muda Kota Palu ini, berkumpulnya sejumlah birokrat muda seperti camat, kepala seksi, kepala bagian dan para PNS lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Palu. Mereka seakan "resah" melihat kondisi Palu yang masih membutuhkan pikiran dan ide cerdas untuk mendorong percepatan. Baik percepatan pembangunan maupun pelayanan pemerintah, termasuk juga mendorong pelayanan publik menjadi lebih baik.

Ide ini sejalan dengan keinginan dan harapan Pemerintah Kota Palu, yang kini telah mengarahkan kebijakannya pada upaya percepatan pembangunan itu, termasuk di dalamnya adalah program penguatan kelembagaan. "Maka kehadiran Forum Birokrat Muda Kota Palu ini menjadi sangat penting untuk memback-up kebijakan itu," kata Sudaryano Lamangkona, salah seorang penggagas berdirinya forum ini. ***

0 komentar: